zte-login

Webserver merupakan sebuah komputer yang berjalan secara 24jam dan 7 hari penuh aktif untuk menjalakan sebuah program website yang dapat diakses World Wide Web nelalui jaringan HTTP atau HTTPS. Biasanya kita perlu menyewa sebuah komputer tersebut pada sebuah jasa layanan penyedia sewa server. Bagaimana sih cara kerja sebuah web server itu.

Ilustrasi Internet

Seperti layaknya kita sharing data melalui komputer secara lokal, alamat IP adalah hal terpenting yang digunakan sebagai media pengenal alamat kita untuk transfer data. Namun perbedaannya dalam internet membutuhkan alamat IP Public yang dapat kalian gunakan secara bersama dengan client lainnya. Namun kita juga dapat memanfaatkan alamat IP public ini untuk mengizinkan orang lain dapat mengakses server kita yang kita tentukan melalui jaringan internet.

Pada tutorial kali ini kita akan membahas cara membuat webserver sederna dengan menggunakan aplikasi XAMPP dan jaringan koneksi ISP yang saya gunakan adalah Indihome. Bukan hanya ISP tersebut saja, kalian juga dapat menggunakan pada jaringan ISP lainya. Langsung saja kita bahas:

Instalasi XAMPP

Untuk instalasi XAMPP sangatlah mudah, kalian tinggal download saya aplikasinya pada link berikut https://www.apachefriends.org/download.html instal saja seperti biasa. Kemudian aktifkan APACHE dan MySQLnya.

xampp dashboard

Untuk menguji apakah server kalian sudah dapat berjalan silahkan buka saja http://localhost atau http://127.0.0.1 jika sudah memiliki tampilan berikut berarti server kalian sudah berhasil berjalan.

Dari sini server local kita sudah dapat kita akses secara local dengan mengakses alamat IP local dari komputer yang kita gunakan sebagai server. Silahkan buka Command Promt untuk melihat alamat IP kita ketikan saja ipconfig

ipconfig

Coba saja Akses melalui perangkat lain selama terhubung satu jaringan.

Setting Port Forwarding

Untuk dapat mengakses server kalian melalui jaringan internet, kalian perlu mengecek alamat IP public kita menggunakan https://whatismyipaddress.com/id/ip-saya. Simpan alamat tersebut untuk digunakan akses nantinya.

ip public

Dari sini kita sudah dapat IP public kita. Untuk selanjutnya silahkan buka settingan dari Router dari ISP kita, silahkan tanyakan pada penyedia layanan kalian. disini umumnya menggunakan alamat 192.168.1.1 disini saya menggunakan modem ZTE F609 silahkan login.

zte-login

Selanjutnya carilah pengaturan Port Forwarding. Atur pada port 80 (HTTP) dan 443 (HTTPS).

port forwarding

Dari sini sudah kita dapat akses server kita melalui jaringan internet dengan menggunakan alamat public kalian.

Sekian dulu tutorial kali ini semoga bermanfaat, gimana menurut kalian? kesimpulannya ini sangat bermanfaat untuk kalian yang ingin belajar tentang perserveran, namun tidak disarankan untuk digunakan untuk website kalian. Karena mempertimbangkan keamanan jaringan kalian. Kalian juga perlu belajar tentang Keamanan jaringan. Terima kasih semoga bermanfaat.