Advertisement

Raspberry Pi atau Raspi merupakan sebuah perangkat komputer mini dalam satu papan board dengan ukuran yang sangat kecil seukuran kartu kredit. Raspi mampu menejalakan perintah-perintah seperti halnya komputer seperti mengerjakan program perkantoran (seperi office), multi media (music, video), komputer game, menyimpan data, hinggal dapat menjalankan program-program seperti server, machine learning, dll. Raspi dibangun dengan menggunakan System on Chip (SoC) yang ditenagai oleh prosessor dengan arsitektur ARM, prosessor yang sama digunakan pada perangkat Smart Phone terkini. Raspi menggunakan SoC buatan dari Broadcom. Hingga artikel ini dirilis, Raspi telah memasuki generasi ke-4. Dengan spesifikasi yang jauh lebih baik. Adapun manfaat dan keunggulan Raspi ini sangatlah banyak, oleh karena itu pada artikel ini saya akan bahasa bersama apa saja yang kita dapat lakukan dengan menggunakan Raspi ini.

Generasi dan Spesifikasi

spesifikasi rasberry pi

Spesifikasi Raspberry Pi

Spesifikasi Raspberry Pi sebenarnya ada lebih detail, seperti spesifikasi LAN, VGA, Fitur-fitur lainya, namum dikarenakan terlalu panjang tabelnya kalian bisa membukanya pada wikipedia raspberry pi. pada https://en.wikipedia.org/wiki/Raspberry_Pi.

Operasi Sistem

Raspibian adalah operasi sistem utama dari Raspberry yang dikembangkan langsung oleh pihak raspberry. Raspibian dibangung dari linux debian, yang merupakan distro linux yang sangat banyak memiliki turunan distro seperti, Ubuntu, Mint, Pop!_OS, dll. Adapun selain Raspibian kalian juga dapat menggunakan OS dari pihak ke tiga sepeti halnya, Android, Windows IoT, Ubuntu, Android TV, dll.

Fitur Perangkat Raspberry Pi

Raspberry Pi kaya akan fitur-fitur pada perangkatnya yang dapat kita manfaatkan untuk keperluan kita. Namum tidak semua versi Raspberry pi memiliki semua fitur tersebut. Untuk itu perlu memilih spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan kita. Adapun berberapa fitur perangkat keras yang dapat didukung Raspberry Pi adalah:

1. Power Management

Raspberry Pin menggunakan Power Supply dengan tegangan kerja 5V dengan arus minimal 2 Ampere (Raspi 3 Model B), dimana terdapat IC power management yang mengatur kebutuhan masing-masing unit yang ada untuk mensupplynya. Dengan tegangan kerja sebesar 5V Raspberry pin sangat hemat daya dalam penggunaannya, seperngalaman saya Raspberry Pi hanya menarik daya tidak lebih dari 15 Watt dalam keadaan tehubung ke layar monitor.

2. SoC

Raspberry Pi menggunakan Chip ARM yang dibuat oleh Broadband. SoC ini dapat berjalan baik dengan operasi sistem yang ada pada raspberry pi. Sepengalaman saya, dimana menggunakan Raspbbery dengan Operasi sistem Raspibian versi lite. Raspi dapat digunakan sebagai server yang handal untuk keperluan web server mini saya.

Advertisement

3. RAM

Raspberry Pi terbaru sudah memiliki RAM yang cukup besar diatas 1GB. Dengan menggunakan LPDDR4 yang sama digunakan dengan Smartphone untuk saat ini. Adapun detail untuk versi lama kalian bisa baca pada tabel diatas.

4. Ethernet LAN

Raspberry Pi di varian tertentu juga memiliki dukungan LAN port yang mana ini sangat berguna untuk mengkoneksikan Raspberry Pi tanpa harus menggunakan jaringan Wifi.

5. Wifi

Raspberry juga didukung Build in Wifi, dimana kita juga dapat menggunakannya selain menggunakan kabel LAN.

6. Bluetooth

Koneksi Bluetooth sangat bermanfaat untuk kalian yang menggunakan perangkat seperti keyboard dan mouse bluetooth.

7. USB

Raspberry pin juga mendukung koneksi USB, hingga saat ini Raspi generasi 4 sudah mendukung USB 3.0, untuk generasi sebelumnya masih menggunakan koneksi 2.0

8. GPIO

Merupakan pin input dan output yang dapat digunakan oleh kita menambahkan modul-module eksteranal dengan raspberry sesuai kebutuhan komunikasi dari Raspberry pi.

Pemanfaatan Raspberry Pi

Raspberry Pi dapat kita gunakan layaknya komputer seperti umumnya. Kita dapat menjalankan tugas-tugas komputer seperti, office, browsing, mencetak dokumen, music, dan video. Namun Raspberry Pi dengan konsumsi daya yang sangat rendah memberikan banyak keuntungan pula, seperti Internet of Thing, server mini, manchine learning skala kecil, dll.

Baiklah mungkin untuk sekarang sampai sini dulu, saya akan membahas Raspi lagi bersama di kesempatan lain. Mungkin kita akan memberikan basic raspberry pi hingga beberapa project yang kita dapat buat dengan raspberry pi. Oke terima kasih, salam Elektronik

 

 

 

Advertisement