Advertisement

Sudah cukup lama saya mengikuti perkembangan dari Arduino IDE versi terbaru yaitu Versi 2.0 yang saya ikuti semenjak tahap beta ke 2. Arduino IDE terbaru akan memberikan fitur-fitur terbaru yang akan disematkan di dalamnya. Baru baru ini setelah cukup lama tidak mengikut pekembangan dari versi betanya, ketika saya mengunjungi kembali repository dari Arduino IDE 2.0 sudah memasuki tahapa Kandidat Rilis atau biasa dikenal dengan Release Candidate disingkat RC. Sampai saat artikel ini dibuat Arduino IDE 20 sudah memasuki versi RC ke-3 nya. Versi RC Berbeda dengan versi beta dimana versi RC ini, harusnya sudah memiliki performa yang tidak jauh berbeda dengan versi rilisnya nanti, walau dengan adanya perbaikan-perbaikan minor nantinya. Pada artikel kalai ini saya akan sedikit mengulas seputar Arduino 2.0 mulai fitur-fiturnya hingga hasil perfomanya dimana pada skenario pengujiannya saya menggunakan versi Windows dan Versi Linux. Mengapa perlu versi linux? karena saya pengguna linux, dimana Arduino IDE versi 1.8.x saat ini lebih cepat melalukan compile pada Operasi sistem Linux dibandingkan dengan Windows. Jadi setidaknya memberikan gambaran pada kalian perbedaan kinerja Arduino IDE ini pada kedua Operasi Sistem Tersebut. Untuk Mac OS saya tidak ada hardware, sehingga dapat dibantu pembaca yang sudah melakukan pengujian untuk memberikan hasil pengujiannya di komentar dibawah. Langsung saja kita bahas fitur-fitur dan performa dari Arduino IDE 2.0 ini.

Tampilan Seperti Visual Studio Code

Arduino IDE 2.0 memang memiiliki tampilan yang sama seperti Code Editor Visual Studio Code (VS Code). Untuk pengguna VS Code serasa tidak asing dengan tampilan baru dari Arduino IDE. Dimana Arduino IDE 2.0 ini dibangun menggunakan Eclipse Theia framework, yang merupakan framwork code editor yang dugunakan pada Thea IDE buatan Eclipse. Arduino IDE 2.0 juga menggunakan arsitektur yang sama dengan VS Code, seperti language server protocol, extensions, debugger. Sehingga memudahkan kita dalam mengelola seluruh file project kerja kita dalam satu tampilan Arduino IDE. Berikut adalah tampilan terbaru dari Arduino IDE 2.0.

Sidebar Yang Kaya akan Fitur

Seperti halnya VS Code, Arduino IDE 2.0 juga memiliki sidebar yang kayak akan fitur. seperti File Management, Library Manager, Board Manager, Live Debugger dan Fitur Search / Find yang handal. Untuk pembahasan masing masing fitur kita akan bahas terpisah. Tambahan fitur snippet yang memudahkan kita untuk menulis setiap perintah menjadi salah satu daya tari Arduino IDE 2.0 yang pada versi 1.X.X belum ada sama sekali. Ini sangat cocok bagi pengguna awam yang tidak hafal dalam penulisan perintah pada pemerograman Arduino yang menggunakan Case Sensitif (Sensitif dalam ukuran huruf).

Perfoma Kerja

Arduino IDE 2.0 di klaim lebih cepat dari pada Arduino IDE 1.X.X. Selain menawarkan tampilan dan fitur terbaru. Arduino IDE 2.0 juga memperbaiki peforma kerja dari proses compiling project yang kita buat. Seperti yang kalian ketahui Arduino IDE 1.X.X memiliki kecepatan Compile yang cukup lama bahwan pada perangkat komputer terbaru. Sedikit lebih cepata pada Sistem Operasi Linux dan jika kalian menggunakan OS Windows dan menggunakan perangkat komputer lama, bisa memakan waktu lama hanya untuk melakukan pengujian program dala proses compilingnya saja. Sesuai pembahasan diawal, disini saya akan melakukan pengujian proses compile yang saya lakukan pada perangkat komputer yang sama dengan menggunakan Laptop dengan Spesifikasi AMD Ryzen 5 4300u, RAM 8GB dan sudah menggunakan SSD NVMe. Untuk Operasi Sistem saya menggunakan Windows 10 danĀ  Pop! OS (Linux). Dalam pengujujian disini saya menggunakan program project saya yang menggunakan Arduino dan ESP8266, dengan skenario program yang dicompile sama dikedua pengujian. Berikut Hasil pengujiannya:

Advertisement

Pengujian Arduino IDE 1.8.x Linux Arduino Board

Pengujian Arduino IDE 1.8.x Linux ESP8266 Board

Pengujian Arduino IDE 1.8.x Windows Arduino Board

Pengujian Arduino IDE 1.8.x Windows ESP8266 Board

Pengujian Arduino IDE 2.0 RC-3 Linux Arduino Board

Pengujian Arduino IDE 2.0 RC-3 Linux ESP8266 Board

Pengujian Arduino IDE 2.0 RC-3 Windows Arduino Board

Pengujian Arduino IDE 2.0 RC-3 Windows ESP8266 Board

Penutup

Dari hasil diatas dapat disimpulkan bawah Arduino IDE 2.0 lebih cepat ketimbang Arduino IDE 1.X.X, walau ada perlu optimasi lebih lanjut. Dengan perfoma yang sangat baik dan fitur serta tampilan terbaru, diharapkan Arduino IDE 2.0 dapat memberikan kenyamanan dan pengalaman baik bagi penggunana. Saya sendiri berharap dengan IDE terbaru ini Arduino IDE terbaru ini dapat diberikan tambahan-tambahan fitur lainya untuk menunjang pengguna dalam membangun projectnya. Oke sekian dulu dari saya, untuk hasil test versi kedepanya saya akan bahas lagi di artikel terpisah. semoga bermanfaat terima kasih. Salam Electronics.

Advertisement