Apa itu file Gerber? file Gerber merupahkan sebuah format standard industri dalam pembuatan desain papan rangkaian elektronik atau lebih dikenal PCB. File Gerber terdiri dari beberapa bagian layar, dimana setiap file memiliki perannya masing-masing, berikut beberapa file yang akan kita temui.

  • Copper, ini biasanya berisi desain layout PCB yang akan dicetak. Jumlah file ini, disesuaikan dengan jumlah layer PCB yang digunakan, misal 2 layer, akan ada dua file untuk bagian atas dan bawah.
  • Solder Mask, berfungsi untuk desain pelapis warna pada PCB. Jumlah file minimum satu file dan maksimum dua file.
  • Silkscreen, file ini digunakan untuk membuat tampilan, tata letak komponen, biasanya berupa gambar komponen dan juga nilai dari komponen atau logo.
  • Drill, file ini berisi titik kordinat dari posisi lubang Bor. Digunakan untuk mesin CNC membaca lokasi dan ukuran bor yang digunakan.

Itu dia file yang akan didapat setelah merubahnya menjadi file Gerber. Sedikit catatan, file Gerber sendiri tidak ada format pasti, tergantung dari software yang digunakan untuk export. Namun kebanyakan Readernya mendukung untuk membaca file-file tersebut.

Kelebihan file Gerber

Tentu saja jika dibuat standart industri, pasti ada alasan dibalik itu semua bukan? nah berikut ini kelebih dari file Gerber.

  • Tentu saja tidak bisa diedit, maksudnya dimana industri jasa cetak pcb, bisa melihat desainya, namun mereka hanya bisa mencetak dan memanfaatkannya untuk kebutuhan cetak saja. Sebenarnya bisa diedit, namun tidak sama caranya seperti di aplikasi desain PCBnya.
  • Sudah paten, ini berlaku bagi kalian yang suka memberikan label tertentu pada desain kalian. Dengan cara ini kita tidak perlu takut, pihak cetak salah memilih layer mana saja yang akan dicetak.
  • Hak Cipta, ini yang perlu dibaca untuk pelaku jasa cetak PCB di Indonesia. Mengapa demikian, karena umumnya jasa cetak PCB kita, meminta file desain asli dari PCBnya, misal .pcb, .brd, dll. Karena bisa saja ada library tertentu yang kita tidak ingin orang lain mencurinya, misal saja pesain industri lain. Hal ini tidak bisa dilakukan pada file Gerber, mau tidak mau mereka harus buat file library itu sendiri.
  • Mendukung CNC, jika kalian menggunakan file gerber kalian bisa mencetak PCB dengan menggunakan CNC, misal saja saat proses Bor atau bisa menggunakan metode Milling PCB.
  • DLL, tambahkan di komentar ya.

Kekurangan file Gerber

Sepertinya tidak ada kekurangannya, namun berbeda jika kita ambil seperti ini.

  • Gak bisa diedit, dari sudut pandang yang cetak, jika tidak mampu mencetak dengan sesuai desain, kita perlu menghubungi pihak pembuat agar dimodifkan terlebih dahulu.
  • Gak bisa curi library, yap lebih aman karena file berupa vektor gambar dari desain PCB kita.
  • DLL. tambahkan dikomentar ya.

Cara membuat file Geber pada EAGLE PCB

Dikarenakan saya fasih di EAGLE PCB, tutorial ini lebih ke aplikasi tersebut, silahkan cari di google ya untuk aplikasi lainya. Saya yakin semua aplikasi CAD PCB mendukung ekspor ke file Gerber.

Pertama buka file desain layout yang sudah jadi, saya tidak akan membahasil caranya gimana, silahkan cek artikel tentang PCB di kategori Desain. Setelah dibuka, serta sudah fix untuk dicetak. Buka fungsi CAM (ikon kamera), kemudian Klik File – Open – Job, pilih file gerb274x.cam. Kemudian akan muncul menu-menu berikut.

Dari lima menu diatas, kalian silahkan tentukan lokasi file disimpan, saya sarankan dalam satu folder dan nama yang sama. Setiap menu memiliki file format masing-masing. Setelah disimpan klik Proses Job. Tunggu proses hingga selesai.

Setelah proses selesai, silahkan tutup CAM, dan buka kembali kemudian klik File – Open – Job, pilih file excillon.cam. Perintah ini berfungsi untuk membuat file Drill atau kordinat lubang dan ukuran Bor yang digunakan pada desain yang kita buat. Tentukan lokasi file dan nama yang sama seperti sebelumnya, format file di sini .drd. Klik Proses Job.

Hasil file gerbernya seperti berikut yang kita dapatkan.

Dari sini file gerber sudah bisa kita kirim ke pihak jasa cetak pcb atau kalian bisa cek hasilnya dengan menggunakan aplikasi Gerber Viewer.

Cara cek hasil file Gerber

Banyak cara untuk membuka file gerber, kalian bisa menggunakan aplikasi Gerber Viewer atau kalian bisa menggunakan Website Gerber Viewer, saya rekomendasikan menggunakan PCBway Geber Viewer, karena saya sering cetak disitu, sebelum dicetak saya pastikan terlebih dahulu file tidak salah, silahkan buka dilinkĀ  berikut.

https://www.pcbway.com/project/OnlineGerberViewer.html

Berikut ini tampilah aplikasinya dan silahkan import semua file Gerber yang ada, dalam format .zip atau .rar, bisa menggunakan Winrar. Setelah terupload semua file kan ditampilkan hasilnya seperti berikut.

gerber pcb

Jika terdapat error pada file DRILL (bor) yang membesar, silahkan upload ulang tampa file tersebut, biasanya teknisi dijasa cetaknya, sudah bisa memperbaikinya secara langsung, setidaknya silahkan cek lebih lanjut jalur-jarulnya apakah ada yang terputus.

Video

Agar lebih memudahkan kalian dalam proses pembuatan file Geber. Silahkan kalian bisa menonton video berikut untuk melihat step-step cara membuat file Gerber di aplikasi Eagle PCB.

https://www.youtube.com/watch?v=6FAyzrA8BdI

Gimana sekarang, file gerber sudah siap untuk dicetak. Kalian bisa menggunakan link berikut untuk mendaftar PCBway, agar mendapat kupon $5 untuk mencetak PCB prototipe gratis. Jika masih bingung, mari kita diskusikan di kolom komentar dibawah. Salam Elektronik.