Sedikit Pengenalan

Beberapa waktu lalu saya mulai menggeluti dan belajar pemrograman website seperti bahasa pemrograman HTMl, PHP, hingga Framwork seperti Codeigniter dan Bootstrap. Mungkin bagi kalian artikel ini sedikit menyimpang dari topic dari website ini. Namun bagi saya pemrograman website sudah wajib juga kita pelajari. Mengapa? Dikarenakan perkembangan Internet of Things (IoT) yang semakin berkembang pesat, kita juga dituntut untuk memperlajari pemrograman website.

Untuk belajar pemrograman website kita butuh sebuah Code Editor, seperti Notpad. Sebenarnya banyak sekali macam-macam text editor, yang dapat mempermudah kerja kalian dalam membuat program website atau bahkan meprograman bahasa lainnya. Disini saya menemukan rekomendasi text editor Visual Studio Code (VS Code). VS Code ini sangatlah menarik dan keren menurut saya, banyak fitur-fitur yang membantu saya dalam pengerjaan suatu project, dari project website bahkan pemrograman Arduino.

Pada Artikel ini saya tidak akan menjelaskan kelebihan secara lengkap, namun saya menjelaskan kepada kalian dari sudut pandang awam saya, saat pertama kali menggunakan VS Code ini.

Tema Bawaan Dark Theme

Mungkin untuk yang satu ini adalah preferensi masing-masing ya :P. Saya lebih suka dengan thema gelap, karena untuk menjaga mata agar tidak mudah lelah saat mengerjakan code yang panjang dengan waktu yang lama. Saya bisa menghabiskan waktu didepan komputer lebih dari 12 jam setiap harinya. Tentunya diimbangi dengan istirahat setiap 40 menitnya. Sebenarnya beberapa text editor sudah bisa mengganti themanya. Seperti notpad++, sublime text, dll.

User Interface Sederhana

Tampilan dari VS Code cukup sederhana. Saat pertama kali membukanya saya cukup mudah membuka fitur-fitur yang ditawarkan. Selain itu dengan adanya magement folder project dibagain sidebarnya, mempermudah saya membuka file dalam project saya, jika banyak file dalam satu project.

Command Pallate

Saya kurang tau untuk namanya, saya browsing dulu sebentar, hehe. Tapi ini salah satu fitur yang saya sukai. Kita dapat memanggil suatu perintah atau mencari file yang ingin kita buka langsung menggunakan command pallate ini. Misalkan saja dalam satu project file yang kalian buka, terdapat banyak sekali sub folder, sedangkan kalian ingin membuka suatu file tertentu. Saya lebih suka menggunakan command pallete, dengan mengketikan nama dan tekan enter file otomatis terbuka. Masih banyak kegunaan dari fitur ini, tapi saya masih jarang menggunakannya, hehe.

Ini fitur yang sangat saya sukai juga. Mungkin ada beberapa orang yang menganggap tools itu membantu dan juga ada yang beranggapan tools itu melah menghambat. Namun bagi saya tools itu sangat membantu. Fitur Intellisense ini memungkinkan untuk auto complete / syntax-highlight saat kita mengetik suatu perintah dalam program yang kita gunakan. Sehingga membuat mempercepat proses pengetikan suatu program. Bagi saya program itu gak perlu diingat namun dipahami saja, Karena setiap perintah dari suatu program atau library, pastinya sudah terdapat semuanya di file Referensi / Dokumentasi-nya.

Auto Check Error

Mungkin ini sudah ada dibeberapa Code Editor lainnya, namun sudah ada disini sini juga memberikan keistimewaan bagi saya untuk menggunakan VS Code. Ditambah keterangan error yang mudah dicari bagian mana yang Error.

Banyak Plugin / Extenstion

Ini yang membuat saya jatuh cinta dengan code editor satu ini. Banyak sekali pilihan Plugin atau di VS COde ini menyebutnya Extention. Kalian bisa memanfaatkan ekstensi tambahan tersebut untuk membantu dan mempermudah kalian dalam membangun suatu program. Seperti halnya:

  • Intelisense (auto complete).
  • Dukungan bahasa pemrograman lain.
  • Auto format untuk mempercatik penulisan program
  • Pewarnaan format
  • Dll.

Sebagai contohnya kalian bisa cek gambar dibawah, penulisan program jauh lebih keren dengan adanya tambahan extensi yang sesuai dengan bahasa program yang kalian gunakan.

Terintegrasi dengan Github

Hehe, yang satu ini gak perlu dipertanyakan lagi. Terlebih lagi bagi kalian yang menggunakan Github untuk mempermudah pengerjaan kalian. Seperti halnya saya yang sering kali pindah-pindah komputer, kadang di komputer rumah, kantor, dan kadang di laptop sambil ngopi bareng temen-temen. sangat memudahkan kalian untuk mengambil data tanpa harus backup data dengan flashdisk atau drive lain.

Ngomong-ngomong penjelasan diatas adalah kelebihan github ya, hehe. Bagi kalian yang ingin bekerja mudah dengan github bisa baca artikel dibawah ini.

Cara Mudah Bekerja Dengan Git dan GitHub

100% Gratis

Aplikasi ini memang bersifat open source gratis, kalian bisa download langsung di https://code.visualstudio.com. Mungkin ada beberapa extention yang bisa jadi bersifat berbayar. Tapi untuk saat ini saya belum pernah menemukannya hehe..

Bonus

Ada yang menarik juga dengan VS Code ini, ada Extension Arduino yang dapat mendukung pemrograman arduino, dari syntax hingga compile dan upload program langsung dari VS Code tanpa Arduino IDE. Mungkin saya jarang menggunakan fitur ini, namun menarik jika kita ulas lanjut di artikel lainya ya. Mungki tulisa aja dikota komentar jika tertarik untuk dibahas juga.

Kesimpulan

Menurut saya pribadi VS Code ini sangat membantu sekali dalam pekerjaan saya, saat mendevelope suatu program. Terlepas dari perdebatan Tools itu menghambat atau membantu. Saya jelas memilih Tools itu membantu saya. Mengapa? saya sudah tulis diatas, bahwa program itu tidak perlu dihafalkan namun dipahami, karena semuanya sudah ada di file Referensi dan Dokumentasinya, jadi bagi kalian yang baru pertama kali belajar program, biasakan buka file Dokumentasinya atau di Arduino Library ada file Examplenya juga. hehe.

Oke semuanya bagaimana menurut kalian untuk VS Code ini, tuliskan pendapat dan masukan kalian di kotak komentar di bawah ya. Bye Salam Coding.