Sedikit Pengenalan

Agak aneh saat saya menulis artikel ini, mengapa? karena sangat lucu saja harus membuat tutorial cara ngeprint. Hehe. Tapi dibalik itu semua disini saya ingin mengisi tutorial-tutorial yang paling dasar juga dari dunia elektronika. Karena pernah ada suatu postingan di forum menanyakan terkait tutorial print desain dari Eagle PCB. Ok tanpa perlu panjang lebar kita langsung masuk saja ke tutorialnya. Oh ya, disini saya asumsikan semuanya sudah memiliki desain siapa cetak, jadi pada tutorial ini saya tidak akan memberikan tutorial cara desain PCB, kalian bisa baca diartikel dibawah ini seputar tutorial desain PCB menggunakan Eagle PCB.

Baca juga: TUTORIAL DESAIN PCB DENGAN EAGLE CAD PART 1

Dalam proses mencetak desain PCB menggunakan Eagle PCB disini, saya akan bagi menjadi 2 cara. Dimana ada cara mudah dan cara kompleks export vektor desainnya. Ok langsung aja ke cara pertama.

Cetak via PDF Export

Setelah Desain PCB siap, hal petama yang perlu kalian lakukan adalah menentukan layer mana saja yang akan dicetak. Dari desain contoh yang saya buat, disini saya akan mencetak layer bawah (bottom/biru) dengan metode Transfer Tunner (Setrika), berarti kita tidak perlu memirrorkan desain, umumnya desain dimirror, jika menggunakan metode Sablon atau Dry Film (Film UV). Berikut ini settingan layer yang akan saya gunakan (Button, Pad, dan Via):

Setelah selesai, kalian bisa print desain dengan klik tombol CTRL+P atau masuk menu File-Print. Pilih setelah print menjadi Print to PDF. Atur posisi gambar dan tentukan ukuran kertas yang akan digunakan. Jika kalian ingin mencetak desain tata komponennya, kalian bisa kembali ke settingan layer, atur sesuai layer yang ingin kalian cetak.

Cara diatas adalah cara yang paling mudah dan cepat untuk mencetak desain, namun jika kalian ingin mencetak langsung banyak desain yang sama atau berbeda bagaimana? Kalian bisa copy desain dan buat file .BRD baru dan paster sebanyak yang kalian mau, namun tentunya dengan mempertimbangkan panjang dan lebar kertas. Berikut ini contoh hasilnya.

Dengan cara diatas kalian bisa mencetak lebih cepat dan mudah, namun terkadang susah untuk menghemat kertas dan posisi desain pada satu kali cetak. Ada cara lain dimana kalian bisa export file Vektor dari desain yang nantinya dapat dicetak melalui aplikasi Corel Draw untuk mengatur posisi desain.

Cetak Vektor file dengan Corel Draw

Dalam mencetak dengan metode ini kita dapat melakukannya dengan fungsi CAM pada Eagle. Setelah desain siap cetak kalian masuk pada menu CAM Prosessor (File – Cam Prosessor). Pada bagian Ouput – Device pilih PS, kemudian pilih lokasi file akan disimpan dan berikan nama dengan format .CDR (nama.cdr). pada bagian style uncheck fill pad, karena agar lubang drill muncul, sesuaikan saja dengan kebutuhan anda. Kemudian yang paling penting disini adalah bagian layernya jangan sampai salah checklist layer apa saja yang ingin kalian cetak, umumnya untuk desain 1 layer bawah, kalian centang saja bottom, via, dan pad. Berikut ini settingan yang bisa kalian contoh.

Kemudian buka hasil desainnya menggunakan Corel draw, kalian sudah bisa mengatur hasil file vektor tersebut sesuai posisi cetak kertas dan jumlah yang ingin kalian cetak.

OK sekian dulu tutorial kali ini, sebenernya masih ada 1 metode untuk cetak melalui file GERBER namun disini akan saya buatkan artikel dan video mengulas seputar file GERBER pada EAGLE PCB. Jangan lupa Subscribe channel youtube kami dan join forum diskusi facebooknya juga, link ada pada pojok kanan atas web ini. Salam Solder semaunya.