Module Sensor Infrared merupakan sebuah sensor yang dapat mendeteksi ada dan tidak adanya suatu objek didepan sensor. Cara kerja sensor ini hampir mirip dengan sensor jarak atau sensor ultrasonic. Dengan cara memancarkan cahaya Infra merah dan menangkap kembali pantulanya, sehingga merubah nilai logika pada keluaran sensor. Berikut ini adalah bentuk dari sensor infrared.

Prinsip Kerja Sensor

Didalam sensor terdapat 2 buah komponen Transmiter dan Reciever, dimana Transmiter menggunakan LED Infrared dan Recievernya menggunakan Photo Dioda. Cahaya Infrared akan terpantu pada suatu objek padat, dan akan diterimakah kembali oleh photodioda. Dalam keadaan tidak terdeteksi Sensor akan memberikan sinyal logika keluaran 0 (LOW), jika mendekteksi suatu objek, maka sensor akan memberikan sinya keluaran 1 (HIGH).

Skematik Rangkaian

Rangkai komponen sesuai dengan skematik dasar diatas, disini saya hanya akan menguji data keluaran yang dihasilkan oleh sensor pada Serial Monitoring. Berikut ini adalah program dasar sensornya.

Program Arduino

#define IR 2
#define LED 13

void setup() {
 Serial.begin(9600);
 pinMode(IR, INPUT);
 pinMode(LED, OUTPUT);
}

void loop() {
 if (digitalRead(IR) == LOW) {
 while (digitalRead(IR) == LOW) {
 Serial.prinln(digitalRead(IR));
}
 digitalWrite(LED, !digitalRead(LED));
}
 Serial.prinln(digitalRead(IR));
}

Dari program diatas didapatkan nilai data seperti berikut:

Oke sekian dulu tutorial module kali ini, semoga bermanfaat. Dukung terus kami dengan Subscribe channel Youtube dan Join ke sosial media kami, linknya sudah ada di sidebar website ini. Oke semua salam elektronik.