Sedikit Pengenalan

Hallo, semua kemarin saya baru kedatangan komponen baru dari customer yang meminta tolong untuk dibuatkan sebuah project. Disini ada 1 komponen yang belum saya bahas jadi sekalian aja ni mumpung ada komponenya. hehe.

Tutorial kalian ini akan membahas tentang sensor suhu DS18B20, dimana merupakan salah satu sensor suhu yang bagus untuk project Arduino. Karena sudah dikemas dalam bentuk yang sangat cocok untuk project seperti, membaca suhu air, ruangan, benda, dll.

Tanpa perlu panjang lebar langsung saja kita masuk bagaimana cara pemrograman Arduinonya. Namun sebelum itu install dulu library untuk sensornya dibawah.

Download Library Arduino

Skematik

Program Arduino

#include <OneWire.h>
#include <DallasTemperature.h>

#define ONE_WIRE_BUS 2

OneWire oneWire(ONE_WIRE_BUS);
DallasTemperature sensors(&oneWire);

void setup(void) {
Serial.begin(9600);
Serial.println("Dallas Temperature IC Control Library Demo");
sensors.begin();
}

void loop(void) {
Serial.print("Requesting temperatures...");
sensors.requestTemperatures();
Serial.println("DONE");

float tempC = sensors.getTempCByIndex(0);

if(tempC != DEVICE_DISCONNECTED_C)
{
Serial.print("Temperature for the device 1 (index 0) is: ");
Serial.println(tempC);
}
else
{
Serial.println("Error: Could not read temperature data");
}
}

Dari program diatas kita cuma akan menampilkan data sensor suhu DS18B20 ke Serial Monitoring, Berikut ini adalah hasil dari keluaran sensornya:

Data tersebut dapat kalian oleh untuk keperluan Project kalian, misal membuat sebuah keputusan jika level suhu melebih atau kurang dari batas yang ditentukan. Dapat juga kita kirim data tersebut untuk kebutuhan monitoring. Pada project selanjutnya saya akan membahas Project Arduino untuk masih dengan sensor DS18B20, untuk mengirim & memonitoring data suhu melalui THINKSPEAK / IoT.
Sekian dulu tutorial module kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa join ke Grub Facebook Fans Electronics untuk diskusi seputar elektronika lainya. Salam Electronics.