Sedikit Pengenalan

Global Positioning System (GPS) adalah sistem untuk menentukan lokasi /posisi di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan (synchronization) sinyal satelit. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima di permukaan, dan digunakan untuk menentukan letak, kecepatan, arah, dan waktu.

GPS Tracker atau sering disebut dengan GPS Tracking adalah teknologi AVL (Automated Vehicle Locater) yang memungkinkan pengguna untuk melacak posisi kendaraan, armada ataupun mobil dalam keadaan Real-Time. GPS Tracking memanfaatkan kombinasi teknologi GSM dan GPS untuk menentukan koordinat sebuah objek, lalu menerjemahkannya dalam bentuk peta digital. – Wikipedia

Pada tutorial kali ini saya akan menguji GPS Module type NEO-6M atau GT-u7, GPS module Arduino yang sekarang umum ditemukan di pasar indonesia. Berikut ini bentuk dari komponen GPS module:

Skematik Rangkaian

Download Library

Program Arduino

Setelah sudah dipastikan kalau rangkaian tehubung dengan baik dan aman, kemudian silahkan kalian upload program berikut, namun jika terjadi error, silahkan download dulu dan install library yang dibutuhkan, link ada diatas.

#include <TinyGPS++.h>
#include <SoftwareSerial.h>

SoftwareSerial serial_gps(4, 3); 
TinyGPSPlus gps;

void setup() {
  Serial.begin(9600);
  serial_gps.begin(9600);
  Serial.println("GPS test FansElectronics.com");
}

void loop() {   
  if(serial_gps.available()) {
    gps.encode(serial_gps.read());
  }
  if(gps.location.isUpdated()) {
    String link = "www.google.com/maps/place/" + String(gps.location.lat()) + "," + String(gps.location.lng()) ;
    Serial.println(link);
    delay(5000);
  } 
}

Hasil Tes Data Serial & Google Maps

Setelah program berhasil diupload, silahkan buka Software Serial Monitoring pada Arduino IDE. Set baudrate 9600, sehingga akan ditampilkan data seperti berikut:

Serial monitoring akan menampilkan data berupa link kordinat dari Google Maps. Kalian bisa mengcopy dan mempastenya pada Web Browser, hasilnya seperti berikut.

Kesimpulan dari kedua modul GPS ini adalah, tingkat akurasi kurang tinggi. Entah dari hardware atau kalkulasi dari library yang kurang detail. Mungkin sekian dulu tutorial singkat dari test uji GPS module NEO-6M dan GT-u7. Jika terdapat pertanyaan atau rekomendasi module GPS lain, silahkan tinggalkan di kotak komentar dibawah, semoga membantu temen-temen kita yang membaca. Sekian dan salam elektronik.