Perhatian!

Artikel ini ditunjukan kepada temen-temen yang baru mempelajari pemrograman dasar Arduino. Bagi temen-temen yang sudah pempelajari premrograman dasar, dan masuk pada tahap menengah atau sudah tingkat lanjut. Mohon bantuanya untuk membantu menjawab pertanyaan yang ada di kota komentar. Terimakasih ūüėÄ

Sedikit Pengenalan

Pemrograman LED blink menjadi hal wajib dipelajari bagi temen-temen yang baru mempelajari Arduino. Dengan memperlajari dasar pemrograman LED, temen-temen dapat mengetahui bagaimana akses pin arduino sebagai OUTPUT.

 

Program Arduino

void setup() {
  pinMode(13, OUTPUT);
}

void loop() {
  digitalWrite(13, HIGH);   
  delay(1000);             
  digitalWrite(13, LOW);   
  delay(1000);             
}

Dari program diatas dapat dilihat perintah pinMode(LED, OUTPUT), digunakan untuk mengatifkan mode dari PIN, disini saya mengaktifkan pin LED yang sudah di #define LED 13 (mendifinisikan LED = 13). Misal ditulis pinMode(13, OUTPUT), namun disini saya selalu menekankan untuk menggunakan #define  untuk mendefinisikan pin, guna mempermudah jika ingin mengganti pin, sehingga tidak perlu repot-repot mengganti disetiap perintah.

Perintah digitalWrite(LED, HIGH), digunakan untuk mengaktfikan LED dan digitalWrite(LED, LOW), untuk mematikan LED. Proses mematikan LED bisa sebaliknya jika skematik LED menggunakan aktif LOW. Perintah delay(1000), digunakan untuk memberikan jeda tunggu selama 1000 mili detik / 1 detik.

Sekian tutorial pemrograman dasar arduino ini, semoga bermanfaat.