Advertisement

Sedikit Pengenalan

ESP8266 adalah microchip Wi-Fi murah dengan kapasitas penuh TCP / IP stack dan kemampuan mikrokontroler. Secara mudah ESP8266 merupakan modul wifi yang berfungsi sebagai perangkat tambahan mikrokontroler seperti Arduino agar dapat terhubung langsung dengan wifi dan membuat koneksi TCP/IP.

Modul ini membutuhkan daya sekitar 3.3v dengan memiliki tiga mode wifi yaitu Station (client), Access Point (Router) dan Both (Keduanya). Modul ini juga dilengkapi dengan prosesor, memori dan GPIO dimana jumlah pin bergantung dengan jenis ESP8266 yang kita gunakan. Sehingga modul ini bisa berdiri sendiri tanpa menggunakan mikrokontroler apapun karena sudah memiliki perlengkapan layaknya mikrokontroler.

Pemrograman

ESP8266 selain dapat digunakan dengan perangkat lain sebagai module wifi pendukung, juga dapat diprogram secara individu layaknya mikrokontroler. Bahasa pemrogramnya juga bermacam-macam, bisa menggunakan Arduino IDE, Python, C, dll. Namum pada artikel ini saya akan memberikan tutorial bagaimana installasi library ESP8266 dengan menggunakan Arduino IDE.

Download Arduino IDE

Proses Instalasi Library

Pertama-tama download dan install Arduino IDE, buka aplikasinya. masuk pak dan Tab Menu, File – Preferences

Advertisement
, Masukan link library dibawah pada tab Additiona Board URL.

http://arduino.esp8266.com/stable/package_esp8266com_index.json

Paste dan Save.

Buka tab Tools – Board Manager, klik Install pada library ESP8266. Catatan kamu harus memiliki koneksi internet untuk mendownload library ESP8266, yang kurang lebih membutuhkan data sebesar 200MB.

Setelah proses instalasi berhasil, klik ok, dan selanjutnya library sudah bisa digunakan dan muncul di bagian Tools-Board. Selesai.

Untuk tutorial lebih jelasnya kamu bisa tonton video dibawah ini, lengkap dengan step by step awalnya. Semoga tutorial ini bermanfaat.

Video

Advertisement