Kontak Kami

( pcs) Checkout

Selamat Datang di Toko FansElectronics.com Kami menyediakan anekah komponen dan modul-modul Elektronika yang membantu anda dalam membuat project Kami juga menerima jasa pembuatan alat, tugas akhir, skripsi, dan juga desain PCB
Beranda » Artikel Terbaru » PCB101 : 6 Hal yang wajib diketahui Desainer PCB

PCB101 : 6 Hal yang wajib diketahui Desainer PCB

Diposting pada 10 November 2017 oleh FansElectronics

demo desain PCB

Seperti halnya desainer pada umumnya, seorang Desainer PCB pastinya juga memiliki hal yang wajib diketahui dan dipelajari terlebih dahulu, agar hasil desainnya bagus dan aman digunakan. Disini penulis akan membahas 6 hal yang wajib diketahu bagi seorang Desaian PCB.

1. Rangkaian alat yang akan dibuat

Merupakan hal yang wajib dan pasti, seorang desainer PCB harus mengetahui rangkaian atau rancangan dari sebuah project yang akan dibuat. Dimulai dari rancangan konsep, komponen yang digunakan hingan diagram skematiknya. Tidak lupa dengan pakaging (box alat), yang mana harus diketahui oleh seorang disainer. Dengan ini seorang desianer PCB akan lebih mudah untuk membuat rangcangan dan bentuk dari project yang akan dibuat.

2. Simbol dan Komponen

simbol komponen

Dalam dunia elektronika umum kita jumpai simbol-simbol, entah dari sebuah gerbang digital, komponen, catudaya, op-amp, dll. Hal dasar ini wajib diketahui bagi seorang Desainer PCB, karena selaian harus membuat sebuah skematik rangkaian, juga harus dapat membaca dari sebuah rangkaian dengan simbol-simbol yang sangat banyak. Selain itu juga seorang desaianer dapat menentukan komponen dari simbol-simbol pada skematik tersebut.

komponen elektronika

Dari sisi komponen/hardware pastilah seorang desainer PCB sedikitnya mengenal namanya komponen dasar, seperti resistor, capastitor, induktor, diode, transtor, Integrated Circuit (IC), dll. Dengan mengenal karakteristik dan bentuk komponen dapat memudahkan seorang desainer dalam membuat sebuah desain. Walau pun tidak semua komponen wajib dipahami mendetail, karena setiap komponen pastinya telah memiliki datasheet atau awam menyebutnya  dengan sebuatan manual book.

 

3. Aplikasi atau Software PCB

eagle cad

Telah banyak bermunculan aplikasi PCB CAD (Computer Aided Design), seperti Express PCB, DipTrace, Sprint Layout, Proteus, Altium, Protel, Eagle, dll. Sehingga hal ini membuat banyak awam yang baru mempelajari PCB CAD, bingung memilih dengan aplikasi apa yang mudah untuk digunakan. Menurut penulis sendiri, memilih sebuah aplikasi desain PCB tidak jauh dengan memilih aplikasi lainya. Sebagai contoh memilih aplikasi desain photo misalnya, penulis sendiri lebih suka menggunakan Adobe Photoshop, namun untuk membuat sebuah logo penulis memilih Corel Draw. Contoh ke-2 aplikasi kantor/office, penulis lebih memilih Microsoft Office, karena sudah terbiasa mulai awal belajar komputer, kemudian lain waktu juga menggunakan Libre Office, dikarena pengguna linux tidak dapat menggunakan Microsoft Office. Nah dari dua contoh diatas, dapat disimpulkan dalam memilih sebuah aplikasi, tidaklah harus canggih seperti altium atau eagle namun disesuaikan dengan kebutuhan dan kebiasaan masing-masing individu. Penulis sendiri sejak awal sudah mengggunakan aplikasi Cadsoft Eaggle (sekarang Autodesk Eagle), yang mana selain lengkap fiturnya, juga banyak library open source yang dibuat, dikarenakan boomingnya modul-module arduino yang menggunakan aplikasi ini.

4. File Library

eagle library

Tidak lengkap jika membahas aplikasi PCB CAD tanpa membahas file library. File library merupakan file dari masing-masing komponen, mulai dari simbol pada skematik sampai dengan footprint/pakaging dari bentuk komponen sebenarnya. Sehingga hal ini wajib diketahui oleh seorang desainer PCB, sebab tidak semua komponen tersedia pada library aplikasi/software yang digunakan. Sehingga menuntut seorang desainer mampu membuat sebuah file library dari komponen yang digunakan dengan acuan bentuk asli atau dari datasheet komponen tersebut.

5. Dimulai dari Skematik

skematik dan layout pcb

Dalam mendesain sebuah rangkaian pada PCB, penulis sangat menganjurkan dimulai dari Skematik. Memang tidak semua aplikasi PCB CAD menyediakan fitur skematik, namun seperti aplikasi Eagle, Altium, Diptrace, Proteus sudah menyediakan fitur skematik. Fitur ini sangatlah membantu walaupun memakan waktu sedikit lama, namun dapat mengurangi kesalahan pada proses routing/menggambar jalur koneksi masing-masing. Karena setelah membuat skematik biasanya pada aplikasi tersebut dapat mengeksport langsung komponen yang digunakan pada lembar kerja board dengan disertai garis bantu koneksi masing-masing pin komponen seusai koneksi ynag dibuat pada aplikasi.

6. Nilai Seni dan Tata Komponen yang baik

Selain masalah teknis yang harus diketahui seorang desianer PCB, terdapat juga masalah keindahan/kerapian dari penyusunan komponen dan mebuatan jalur PCB. Selaian membantu mempercantik tampilan dari papan PCB dan juga menyesuaikan bentuk PCB dengan Box/Pakaging yang akan digunakan. Penyusunan komponen juga dapat nenbantu mengurangai terjadinya kerusakan/bug sistem yang terjadi. Sebagai contoh penulis biasanya menempatkan sebuah kumparan/induktor sedikit menjahui mikrkontroler, hal ini bertujuan untuk mengurangi atau menghindari induksi medan elektro magnetis yang dihasilkan kumparan yang dapat mengganggu kinerja mikrokontroler. Salah satu masalah yang perna dialami penulis dikarenakan induksi medan elektromagnetis adalah mikrokontroler sering reset sendiri dan settingan fusebit berubah dengan sendirinya.

desain pcb yang baik

Itulah 6 Hal yang wajib diketahui Desainer PCB, Tentunya, ada hal lain pastinya yang terlewatkan, penulis berharap pembaca dapat menambahkanya pada kotak komentar, agar dapat membantu bagi para calon-calon desainer PCB. Semoga bemanfaat

 

Bagikan informasi tentang PCB101 : 6 Hal yang wajib diketahui Desainer PCB kepada teman atau kerabat Anda.

FansElectronics Chanel Youtube

PCB101 : 6 Hal yang wajib diketahui Desainer PCB | Fans Electronics

Belum ada komentar untuk PCB101 : 6 Hal yang wajib diketahui Desainer PCB

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:

Fans Electronics Office

Jl. Kolonel Sugiono Gg.8 No.81 RT.12 RW.01 Kel.Ciptomulyo, Sukun - Kota Malang, Jawa Timur.

Indonesia (65148)

Hubungi Kami:

  •   Call or SMS : +628123241996
  •   E-mail : admin@fanselectronics.com
SIDEBAR